Friday, May 15, 2015

Jika belum pede belajar piano coba keyboard saja

Belajar piano menurut sebagian orang sangat sulit tapi bagi sebagian lain cukup mudah. Ini terjadi karena kemampuan dan daya tangkap setiap orang berbeda-beda serta bergantung dari keseriusan orang itu sendiri dalam berlatih. Tapi jika anda belum terlalu percaya diri untuk belajar piano mungkin anda bisa mencoba belajar keyboard terlebih dulu. Keyboard memiliki dasar permainan yang sama dengan piano, yang membedakan hanyalah keyboard punya lebih banyak bank suara. Jadi tidak ada salahnya untuk pembelajaran awal anda memiliki keyboard sebelum memutuskan beli piano yang harganya rata-rata cukup menguras kantong.

Jika belum pede belajar piano coba keyboard saja


Kendati belajar keyboard lebih mudah dibanding piano karena jumlah tuts yang dikuasi lebih sedikit. Namun ada juga harus tahu kalau dipasaran terdapat bermacam-macam keyboard yang bahkan hampir menyerupai piano. Untuk pemula yang masih dalam tahap belajar dan belum bisa memainkan keyboard dengan part piano disarankan untuk tidak membeli keyboard dengan jumlah tuts lebih dari 5oktaf (61tuts). Tuts yang terlalu banyak atau menyerupai piano akan membuat anda pusing. Daripada anda membeli keyboard dengan tuts lebih dari 5oktaf lebih baik anda langsung beli dan belajar piano saja. BACA JUGA : Tips memilih keyboard bekas untuk studio dan pertunjukkan

Hal terakhir yang mesti diperhatikan adalah suku cadang, apakah mudah mencarinya apabila nanti mengalami kerusakan. Apakah service center dari merek yang dibeli mudah ditemui dikota anda? Jika tidak nantinya akan menimbulkan masalah dimasa depan. Bayangkan ketika keyboard tersebut mengalami kerusalan sementara service centernya berada diluar kota atau bahkan luar negeri tentu biaya pembenahannya bisa jauh lebih mahal dibanding pembelian awal. Jika disertai garansi mungkin akan meringankan beban anda tapi jika tidak tentu hanya akan mendatangkan kerugian saja.

0 comments:

Post a Comment