Thursday, November 13, 2014

Splash Cymbal

Splash cymbal adalah salah satu bagian dari set drum yang berfungsi memunculkan efek-efe. Splash cymbal standard umumnya memiliki ukuran diameter 10 " dan 8". Namun banyak juga drummer yang mengunakan dikisaran ukuran 6” sampai 13”. Splash cymbal tradisional biasanya berukuran berat dengan tanpa lancip.

Untuk music rock biasanya menggunakan splash cymbal yang sedikit tipis dan lancip. Splash seperti halnya bagian drum lainnya ditemukan dan dinamai oleh Gene Krupa bekerjasama dengan Avedis ZildjianCompany. Splash cymbal sudah mulai digunakan dalam music jazz pada 1920-an dan 30-an. Cymbal saat itu belum banyak digunakan oleh music mainstream.
Hingga Stewart Copeland memainkan instrumen ini dan menghasilkan gaya baru dalam bermain drum.Splash cymbal semakin populer ketika dimainkan dalam music-musik cina. Disini pula kemudian muncul cymbal cina. Ini menambahkan dimensi baru dari jenis cymbal yang telah ada dan memancing perkembangan jenis-jenis cymbal lainnya.
Kini bahkan muncul splash cymbal jenis baru, salah satuny adalah bel dan salsa cymbal. Kedua cymbal ini sudah mulai ditambahkan ke beberapa kit drum. Bahkan sudah banyak produsen cymbal yang memproduksi dua cymbal ini. Banyaknya jenis splash cymbal yang ada didunia ini memudahkan anda untuk menentukan masa jenis cymbal yang tepat untuk music anda.

Setelah menentukan barulah anda beli drum langsung satu set. Membeli satu set drum harganya akan jauh lebih murah dibanding anda membeli satuan. Yang penting sebelum anda membeli anda sudah tau jenis apa saja yang dibutuhkan, sehingga tidak ada bagian drum yang nantinya terbuang atau teronggok tidak terpakai.


0 comments:

Post a Comment