Monday, February 23, 2015

Seni dalam islam

Menurut Dr Abdurrahman al-Baghdadi seni adalah penjelmaan rasa indah yang terkandung dalam jiwa manusia, yang dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi kedalam bentuk yang dapat ditangkap oleh indera pendengar (seni suara), indera pendengar (seni lukis) atau dilahirkan dengan perantara gerak (seni tari, drama).

Seni dalam islam

Sedangkan seni musik adalah seni yang berhubungan dengan alat-alat musik dan irama. Seni musik membahas cara memainkan istrumen musik, cara membuat not mempelajari macam-macam aliran musik. Seni musik bentuknya dapat berdiri sendiri sebagai seni intrumental alias tanpa vokal maupun disatukan dalam seni vokal.

Seni vokal sendiri adalah seni yang diungkapkan dengan melagukan syair melalui perantara suara tanpa iringan musik. Tapi seni vokal juga bisa digabungkan dengan alat-alat musik tunggal seperti gitar, biola, piano, dll atau dengan berbagai alat musik majemuk seperti band, orkes, simfoni dll. Hukum menyanyi dan bermain musik menurut para ulama termasuk dalam masalah khilafiyah.

Beberapa ulama ada yang mengatakan bahwa bernyanyi dan bermain musik adalah sesuatu yang terlarang, namun adapula yang mengatakan tidak. Pendapat ini muncul karena di Arab sejak zaman dahulu juga sudah mempelajari musik berupa rebana yang isinya melantunkan berbagai pujian untuk tuhan. Tentunya penjelasan ini akan membuat anda bingung, namun semua kembali kepada diri anda.

Jika yakin bahwa musik bukanlah sesuatu yang dilarang pelajarilah, beli piano dan belajar musik-musik klasik. Namun tentunya masih dalam batas-batas kewajaran, dan jangan gunakan instrumen musik anda untuk membuat sebuah karya yang berisi kata kata hujatan tidak pantas

Source : yamaha musik

0 comments:

Post a Comment