Monday, February 23, 2015

Pentingnya proses coba-coba

Musisi pemula kerapa mengalami mentok ketika harus menciptakan sebuah karya, terutama karena minimnya inspirasi. Kebanyakan dari mereka akan berjalan-jalan atau menghadiri konser-konser untuk menemukan inspirasi. Namun lebih banyak dari mereka juga pulang tanpa hasil dan kembali merasa frustasi.


Pentingnya proses coba-coba

Sebenarnya inti dari permasalahan ini adalah anda terlalu banyak berpikir tapi tidak dibarengi dengan tindakan. Sekalipun anda tidak memiliki inspirasi usahakan untuk terus memainkan instrumen anda. Bagi gitaris misalnya anda bisa coba-coba petik senar gitar anda, tidak perlu dipikirkan harus bagaimana.


Petik saja sekehendak hati dan jika tiba-tiba menemukan melodi yang bagus, segera catat. Atau apabila anda memiliki alat perekeman, rekam saja sejak awal. Kemudian setelah selesai mencoba-coba dengarkan ulang dan buat lagi yang menurut anda menarik. Ingatlah bahwa kesukesan tidak akan mendatangi mereka yang malas berlatih.


Karena itu semalas apapun anda usahakan latihan kendati itu hanya 30 menit atau satu jam saja. Sekali saja kita meninggalkan istrumen maka kita akan malas untuk memegang instrumen lagi. Jika sudah begini anda tidak akan lagi berhasrat menjadi musisi. Dan pengorbanan anda selama ini, membeli gitar sampai memiliki buku panduan musik akan sia-sia.

Coba-coba memang tidak selamanya membuahkan hasil, namun setidaknya anda sudah berusaha untuk menemukan dan menciptakan sebuah karya. Itu sudah lebih dari cukup untuk melatih jari dan otak anda melahirkan melodi-melodi indah.

0 comments:

Post a Comment